Putra PUS

Mari, Bersama Menuju Demokrasi Yang Rasional

Kekerasan Pada Anak, Pembunuhan SDM Dini* May 11, 2007

Filed under: Uncategorized — MUHAMMAD ZAKIR @ 2:24 am

*Oleh; Muhammad Zakir Akbar

ENTAH apa yang sedang terjadi di Indonesiaku??? Akhir-akhir ini, di televisi dan media cetak saban hari kita disuguhi dengan cerita tentang kekerasan terhadap anak. Mulai dari kisah orang tua yang menyiram anaknya dengan air panas di Jakarta, bisnis penjualan anak di Aceh, pelecehan seksual anak di Makassar hingga beberapa catatan kekerasan pada anak di Sulawesi Barat.
Seperti nasib tragis yang dialami Fnd, siswa salah satu SLTP di Wonomulyo, Polewali Mandar. Anak ini harus dikeluarkan (drop out) dari sekolahnya karena melaporkan tindak kekerasan yang dialaminya di sekolah ke polisi. Bahkan, di propinsi termuda di Indonesia ini, terjadi pula kekerasan dalam bentuk lain. Ribuan anak di ATM (Aralle, Tabulahan, Mambi) tidak lagi bersekolah karena trauma konflik yang terjadi, kasus busung lapar dan gizi buruk yang terjadi di Mamuju beberapa waktu lalu, juga merupakan kezhaliman terhadap anak dan karenanya adalah bentuk lain kekerasan (non fisik).
Pendek kata, kekerasan terhadap anak telah menjadi fenomena yang muncul di nyaris setiap belahan negeri ini. Mirisnya lagi, apa yang kita saksikan sesungguhnya hanyalah puncak gunung es kekerasan pada anak. Begitu banyak bentuk dan pola kekerasan anak yang luput dari pengamatan kita.
Hati siapa yang tidak tersentuh. Bukan hanya karena kekerasan adalah bentuk dehumanisasi melainkan kekerasan—khususnya pada anak—juga merupakan penghancuran negeri ini di masa depan. Betapa tidak, eksistensi anak sebagai generasi pelanjut, sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dini negeri ini, tentulah jadi terancam ketika dia hidup dan dibesarkan dengan berbagai praktek kekerasan pada diri dan lingkungannya.
Untuk itulah, segala bentuk kekerasan terhadap anak HARUS DILAWAN!!! Jika tidak, kita kembali akan menggadaikan masa depan negeri ini dengan ketidakpastian. Anak yang dibesarkan dengan kekerasan hanya akan melahirkan hopeless generation yang tentunya sulit bersaing dalam kancah pergulatan global.
Karenanya, tidaklah berlebihan jika kekerasan (secara fisik dan atau non fisik) terhadap anak dapat dikategorikan sebagai pembunuhan SDM dini yang berarti kemalangan Indonesia di masa depan!!!

*Direktur Lembaga kajian Kawasan Barat Sulawesi (LK2BS)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s